AKTIVIS RELAWAN MAHASISWA INDONESIA

TMII

TMII

Sabtu, 14 November 2009

Mencari Seorang Raja

Suatu masa lampau ada seorang raja yang sudah berumur cukup tua, karena mearasa sudah tidak sanggup lagi untuk memimpin kerajaan ia punya mencari ide untuk mencari penggantinya ia tidak mau pengantinya dari sanak keluarganya.
Akhirnya ia menemukan ide dengan menggadakan saembara dan menggumpulkan anak muda di wilayah kekuasaanya. Berkumpullah semua anak muda lalu sang raja membagikan biji tumbuhan, dan sang raja memberikan titah kepada rakyanya yang berkumpul di kerajaan tersebut agar biji tersebut di piarah dengan baik.
setelah titah raja usai di ucapkan oleh sang raja kaum muda yang berkumpul pun pulang kerumahnya masing-masing. Saat mereka sampai di rimahnya mereka langsung menanam dalam pot dengan penuh semanggat. Satu bulan telah berlalu tanaman mereka telah tumbuh dengan indah, kecuali seorang pemuda yang tak kunjung tumbuh tanamanya. Waktu terus berlalu dengan cepat tidak terasa sudah satu tahun kemudian, tanaman mereka tumbuha dengan indah dan mereka saling membanggakan tumbuhan mereka, kecuali satu orang pemuda tadi tidak tumbuh sama sekali tanaman yang ia tanam.
Esok harinya hasil tanaman mereka di kumpulkan ke kerajaan mereka sangat senag kerena tumbuhan mereka sangat bagus-bagus, dan anak muda yang tanamanya tidak tumbuha tadi bingung apakah ia harus hadir k e kerajaan sebab tanamanya tidak tumbuh, tapi dengan doronganya ibunya si anak muda tadipun memberanikan diri untuk tetap ikut saembara.
sesampai di kerajaan mereka hanya memuji tanaman masing-masing, sedangkan anak muda tadi hanya diam dan berdiri di belakang, saat lagi pada kumpul membicarakan tanaman mereka sang raja melihat anak mudah yang membawa pot yang isnya kosong dan di panggil kedepan, anak muda yang lainya pun menertawakanya.
Pada saat itu meeka tersentak terdiam saat anak muda yang di panggil sang raja kedepan tadi langsung di angkat menjadi raja. Semuanya pada heran lalu sang raja menjelaskan bahwa biji yang di bagikan srtahun yang lalu adalah biji yang sudah di masak dan tidak mungkin tumbuh,anak muda yang menganti biji tersebut sehingga bisa tumbuh, anak muda yang diangkat jadi raja tidak mengantinya dan dia pantas jadi raja karena jujur.
Kejujuran adalah hala yang sangat penting yang harus kita punyai dalam hidup kita, agar oarang selalu percaya dengan kita.

Tidak ada komentar: