AKTIVIS RELAWAN MAHASISWA INDONESIA

TMII

TMII

Rabu, 01 Desember 2010

10 Pedoman untuk BERPIKIR POSITIF

Dalam bukunya, Dorman & Maxwell mengemukakan 10 (sepuluh) Hukum & Pedoman untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan BERPIKIR POSITIF, yaitu :

1. Bertindak, berjalan, berbicara dan berpikir seperti orang yang Anda sangat kagumi.SIKAP Anda akan mengiringi TINDAKAN Anda ! TINDAKAN yang POSITIF akan membentuk PIKIRAN yang positif, dan PIKIRAN positif akan membentuk SIKAP yang positif.

2. Tanamkan dalam benak Anda pikiran - pikiran positif dan sukses. Pusatkan pikiran Anda pada hal - hal yang positif dan kesuksesan. Jangan membiarkan PIKIRAN NEGATIF mencemarinya.

3. Pancarkanlah SIKAP yang BAIK, perasaan yakin, dan tujuan Anda. Milikilah keyakinan di dalam diri dan timbulkan perasaan yang lebih mantap terhadap TUJUAN HIDUP, karena hal ini akan sangat membantu Anda memiliki HUBUNGAN yang POSITIF dengan ORANG LAIN.

4. Perlakukanlah setiap orang yang Anda jumpai sebagai ORANG YANG PALING PENTING.Luangkanlah waktu Anda sejenak dan berikanlah perhatian kepada orang lain yang Anda jumpai, hal ini akan membuat orang lain senang dan akan memberikan NILAI TAMBAH kepada (pribadi) ANDA.

5.Usahakan agar orang yang Anda temui MERASA DIBUTUHKAN, diperlakukan MANUSIAWI, dan DIHARGAI. Sikap yang Anda berikan kepada orang lain adalah sikap yang akan Anda DAPATKAN dari ORANG LAIN.

6. Lihatlah hal - hal TERBAIK dalam DIRI SETIAP ORANG. Dengan Anda melihat hal - hal terbaik dalam diri orang lain, maka mereka akan berusaha menjadi lebih baik lagi. Dari sini, akan tercipta SUASANA yang POSITIF dan PRODUKTIF.

7. Jangan ungkapkan KONDISI KESEHATAN ANDA, kecuali jika Anda sedang dalam kondisi yang baik. Apabila Anda SELALU MENGELUHKAN Keadaan, Anda akan menyebabkan ORANG LAIN meresa BOSAN dan JENUH, yang pada akhirnya akan MENGHINDAR dari ANDA.

8. Carilah yang TERBAIK dalam SETIAP GAGASAN BARU yang muncul. Dengan selalu BERUSAHA mencari gagasan - gagasan baru akan meningkatkan kemampuan menuju KESUKSESAN. Seperti yang dikatakan oleh penulis terkenal, Albert Hugo : "TIDAK ADA YANG LEBIH HEBAT DARIPADA SEBUAH GAGASAN YANG DATANG TEPAT WAKTUNYA !".

9. Hindarilah hal- hal sepele. Kalau Anda SELALU MEMIKIRKAN hal - hal sepele, maka akan membuat Anda MENYIMPANG dari TUJUAN dan PRIORITAS UTAMA ANDA.

10. Kembangkanlah dalam diri Anda, MENTAL UNTUK MEMBERI. Dengan Anda selalu MEMENTINGKAN ORANG LAIN , akan membantu menumbuhkan POLA PIKIR yang POSITIF

Tidak ada komentar: